Thursday, January 6, 2011

TULISAN 3

Hidup Hemat (UUD) Gaya Mahasiswa !!


    Wahh mahasiswa sekarang sangatlah memprihatikan. Apalagi kalau sudah mengeluh pasti UUD ( ujung-ujungnya DUIT ), sudah ga asing lagi bagi mahasiswa jaman sekarang. Uang di dompet agak menipis aja khawatirnya tingkat tinggi. Dengan kondisi kita yang labil masih ingin itu, uang sangatlah berperan pentig. Ga hanya kalian-kalian semua sayapun menyadarinya. Kayaknya ga hanya mahasiswa aja deh yang mengalami gejala susah keuangan, hampir seluruh rakyat Indonesia. Dan juga ga hanya yang berada dibawah garis kemiskinan tapi juga yang udah punya rumah mewah, mobil keren, sawah dimana-mana kadang juga mengalami kesulitan uang, bukan begitu??
Eittt tunggu dulu ada beberapa survey semakin orang itu kaya kadang juga semakin banyak hutangnya. kesulitan keuangan masih menghantui temen-teman senasib seperjuangan saya terlebih lagi yang merantau jauh dari orangtua yang mana keuangannya udah dijatah dan hidup matinya mereka tergantung pada uang jatah tsb.  

Nah maka dari itu ada beberapa tips :

1.Niat untuk berhemat
Percuma kalo pengen hemat tapi g ad niat, pasti g bisa jalan. ingat hadist rosululullah “segala amal perbuatan berawal dari niat”. Jadi klo pengen berhemat mantapkan dulu niat kamu.

2.Bikin note anggaran setiap pengeluaran
Nih sekaligus buat belajar manajemen keuangan teman2, bikin catetan tentang berapa uang yang didpt dari ortu, Misal ni ya, kamu dapet jatah 150rb perminggu, 60rb bwt makan, 25rb bwt bensin perminggu , 15rb buat fotokopi peminggu, bayar hutang 20rb (kalo ada, biasanya hutang pulsa),sisanya bisa buat nabung

3.Bagi yang punya utang, Bayar dulu utang kamu!!
nih hal yang sering kita lihat di seeliling kita ga lepas deh dari hutang. Nahh maka dari itu hutangnya DIBAYAR DULU. Kasian juga kan kalau kalian di hantuin terus menurus. Untuk sementara di tahan dulu deh untuk kepentingan yang lain.

4.Menabung smart
apa sih gunanya teman?? Pasti kalian juga punya teman kan. Nah di sini teman jadi sasaran kita ajak aja teman-teman dekat anda untuk menabung setiap harinya misalnya 2000. Kalau di teman pasti aman dan teman kamu pasti juga sungkan makan uang kita. Kalo teman kita gak mau beli celengan aja, dah minimal sehari wajib dehh.

5.Bawa duit seperlunya kalo mau keluar
Yang namanya anak muda gaul tuh perlu bgt kan, tapi jangan karena bergaul jadinya malah gak mencukupi kebutuhan mingguan kamu, misalnya nonton, pilih hari senin yang biasanya ada nomat , brangkatnya jalan kaki kalo gengsi bisa naik sepeda atau pinjem motor temen yang baik bgt ma kamu dan bensinnya banyak, jd ga perlu gnti uang bensin secara temen kamu itu baik bgt sama kamu.

6.Pilih warung makan yang ekonomis
pilih aja warteg atau yang serba penyet. Ohh iya bagi yang gak mau ribet bawa magicomsendiri dari rumah kalau bisa bawa berasnya sekalian dari rumah. Usahakan masak nasi jadi kan kamu tinggal beli lauknya aja yang murah, ekonomis .

7.Bedakan antara keinginan dan kebutuhan
Nah ini yang paling penting, nah ini adalah ujian yang paaling sulit pasti bagi kalian karena harus melawan hawa nafsu. jangan sampe kamu habisin uang jatah mingguan kamu untuk sesuatu yang hanya kamu pengenin sedangkan kebutuhan kamu masih jauh dari mencukupi. Kalo beli sesuatu hanya dengan dasar pengen, seberapapun duit yang dipunya gak bakal pernah cukup. Percaya deh!

8.Jangan lupa shodaqoh
Shodaqoh tu juga perlu sebagai tanda sukur qta terhadap semua rezeki dan nugrah yang udah Allah kasih ke kita. Berhemat bukan berarti harus pelit, tapi berhemat itu berarti kita dapat mengelola keuangan kita dengan sebaik2nya dan jangan sampe timbul hutang diantara kita.


sumber : google by novia wulandari

No comments:

Post a Comment