Saturday, December 11, 2010

TUGAS 7

1. Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran

* Konsep Produksi : Anggapan pemasaran yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah.

* Konsep Produk : Anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.

* Konsep Penjualan : Anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.

* Konsep Pemasaran : Anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.

* Konsep Pasar : Anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (persaingan pasar) bahwa produsen mempunyai keunggulan pasar yang bersaing untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.

2. Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran !

* Pasar : Konsumen pribadi atau organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.

* Pemasaran : Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.


3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep pemasaran ?

* Kebutuhan  adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia.

* Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial.

4. Jelaskan dengan singkat yang dimaksud dengan "Marketing Mix"

* Marketing Mix : Kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran.

No comments:

Post a Comment