Tuesday, May 8, 2012

Masa Pertamina Beli Minyak dari Pedagang

Masa Pertamina Beli Minyak dari Pedagang


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Dahlan Iskan berupaya mendorong Pertamina untuk mengimpor minyak secara langsung dari sumbernya. Menurut dia, ini adalah hal penting mengingat Pertamina adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang minyak dan gas.
"Kemungkinan Pertamina mengimpor langsung BBM dan minyak mentah dari sumbernya, tidak dari pedagang," sebut Dahlan ketika ditanyai wartawan mengenai isi rapat koordinasi yang berlangsung di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/5/2012).
Dahlan berharap Pertamina tidak lagi mengimpor minyak mentah dengan pedagang perantara, tetapi langsung dari pemilik kilang ataupun miliknya sendiri. Pertamina menurutnya juga bisa melakukan akuisisi ladang-ladang minyak di luar negeri. Hal-hal itu yang seyogianya dilakukan oleh perusahaan besar swasta. "Kan Pertamina perusahaan besar, masa beli minyak dari pedagang? Perusahaan besar sebaiknya kan langsung dari sumbernya," sambung dia.
Namun, Dahlan belum bisa menyebutkan berapa efisiensi yang bisa dicapai dengan upaya impor secara langsung tersebut. Kementerian BUMN meminta Pertamina untuk mempelajarinya.
"Kita yang instruksikan kok. Nah, setelah kita instruksikan, nanti mereka yang mengambil langkah-langkah bagaimana beli BBM langsung dari kilang, dan beli minyak mentah langsung dari miliknya sendiri," pungkas dia.





No comments:

Post a Comment