Wednesday, January 4, 2012

7 Kebiasaan Efektif Menuju Sukses


Mengutip dari seorang penulis buku yang telah mendapatkan banyak pujian Stephen Covey, sukses merupakan hasil dari kebiasaan-kebiasaan. Dimana kebiasaan sebagai titik pertemuan antara pengetahuan,keterampilan, dan keinginan. Pengetahuan (apa yang harus dilakukan, dan bagaimana), Keterampilan (melakukan bagaimana), dan Keinginan (motivasi, keinginan untuk melakukan).
7 kebiasaan kebiasaan efektif kalau kita ingin suksesdalam hidup ini :

1. Jadilah proaktif
Proaktif disini menomorduakan perasaan sesudah nilai. Nilai-nilai yang sudah dipikirkan secara cermat, diseleksi, dan dihayati. Orang yang proaktif mengenali tanggung jawab mereka, tidak menyalahkan keadaan, kondisi, atau pengondisian untuk perilaku mereka.

2. Merujuk pada tujuan akhir
Kebiasaan ini untuk memulai kegiatan hari ini dengan bayangan atau gambaran akhir kehidupan kita sebagai alat acuan atau ukuran yang menjadi dasar untuk menguji segala sesuatu. Dengan demikian berarti kita mengetahui kemana kita akan pergi, sehingga kita sebaiknya mengerti dimana kita berada sekarang. Dengan begitu kita tahu bahwa langkah-langkah yang kita tempuh selalu berada pada arah yang benar.

3. Dahulukan yang utama
Mendahulukan yang utama dapat ditandai dengan membuat perbedaan antara dua alat yang begitu menentukan, yang mengarahkan hidup kita, yaitu arloji dan kompas . Arloji mewakili komitmen-komitmen, janji-janji, pertemuan, jadwal, tujuan-tujuan kegiatan kita yaitu apa yang kita lakukan dengan waktu kita dan bagaimana kita mengaturnya.

4. Berpikir menang
Kebiasaan berpikir menang merupakan kerangka pikiran dan hati yang terus menerus mencari keuntungan bersamadalam semua interaksi manusia.

5. Berusaha mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti
Mencoba berempati, yaitu berusaha menempatkan diri kita seandainya diri kita menjadi orang yang sedang kita hadapi.

6. Wujudkan sinergi
Dalam sinergi, segalanya berhubungan dengan segalanya yang lain. Dalam hubungan ini adalah kekuatan kreatif muncul, sama seperti kekuatan nyata pada tujuh kebiasaan yang sangat efektif dalam hubungannya satu dengan yang lain, bukan hanya kebiasaan terpisah satu persatu kebiasaan itu sendiri.

7. Asahlah gergaji
Prinsip pembaruan diri secara terus-menerus seumur hidup yang seimbang.

No comments:

Post a Comment