Tuesday, January 3, 2012

Tahun Ini BUMN Diberi Peringkat


JAKARTA – Kinerja badan usaha milik negara (BUMN) akan dinilai oleh lembaga pemeringkat mulai tahun ini. Tujuannya agar kinerja dan kondisi internal perusahaan benar-benar tertata. "Ini untuk kepentingan kesehatan perusahaan," kata Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan di kantornya kemarin.
Dia menargetkan semua BUMN sudah diberi peringkat pada 2012. Sesudahnya, proses yang sama akan dilakukan setiap tahun. “Jadi, kementerian tidak perlunyuruh-nyuruh dan maksa-maksa lagi. Sudah pasti dilakukan pembenahan internal," katanya. Lembaga yang akan melakukan pemeringkatan ini dipastikan berasal dari dalam negeri. Yang akan ditunjuk kemungkinan besarnya adalah PT Pefindo (Pemeringkat Efek Indonesia). “Itu yang terbaik," kata Dahlan.
Nantinya hasil pemeringkatan itu akan menjadi acuan bagi manajemen perusahaan, investor, dan Kementerian BUMN. Selain itu, ia juga bisa menjadi acuan, perusahaan mana yang kondisinya sehat dan memungkinkan untuk melepas sahamnya ke publik. "Supaya manajemen perusahan punya ambisi dan target, mau melakukan apa," kata Dahlan. 

Sebelumnya, Dahlan mengemukakan rencana pengurangan jumlah BUMN sedikitnya 15 perusahaan pada kuartal pertama tahun ini, sejalan dengan programright sizing jumlah BUMN melalui program restrukturisasi. Dengan demikian, jumlahnya tahun ini ditargetkan menjadi 126 BUMN. Restrukturisasinya melalui pola akuisisi. ANGGRITA DESYANI




sumber : koran tempo

No comments:

Post a Comment