Tuesday, January 3, 2012

Orang Rendah Hati Terbukti Gemar Menolong


Beberapa jenis kepribadian lebih menguntungkan dibanding yang lain. Orang rendah hati, salah satunya, cenderung gemar menolong ketimbang orang angkuh.
Penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan dari Departemen Psikologi, University of Maine, memberikan konfirmasi tentang hal ini. Mereka menyebut orang rendah hati cenderung lebih baik menilai dirinya sendiri ketimbang orang angkuh.
"Orang rendah hati kerap memiliki pandangan yang akurat mengenai diri mereka sendiri, memahami kekuatan dan kelemahan diri, dan nyaman dengan kondisi itu," ujar Jordan LaBouff dari University of Maine, kepala penelitian tersebut, kemarin.
LaBouff merancang sebuah eksperimen untuk menguji hal itu. Sebanyak 117 peserta diminta menyelesaikan kuesioner mengenai kecenderungan kepribadian mereka.
Terdapat lima jenis kepribadian yang diukur, yaitu keterbukaan akan hal baru, kehati-hatian, kegembiraan, keterbukaan akan hal baru, kehati-hatian, kegembiraan, kepedulian, dan neuroticism. Melalui eksperimen lain, peneliti mengukur tingkat kesederhanaan dan kerendah-hatian peserta. Hasilnya, orang yang rendah hati cenderung gemar menolong.

Penelitian ini dipublikasikan melalui Journal of Positive Psychology dan memperkuat studi sebelumnya mengenai manfaat bersikap sederhana.
Sebagai contoh, penelitian yang dipublikasikan melalui Academy of Management Journal menemukan orang rendah hati merupakan pemimpin yang baik dan efektif ketimbang orang dengan berbagai predikat yang melekat di badannya. "Jika manusia bisa meningkatkan kesederhanaan dan kerendahhatian, pro-sosial bisa meningkat juga," ujar LaBouff.| LIVESCIENCE | ANTON WILLIAM



sumber : koran tempo

No comments:

Post a Comment