Tuesday, January 3, 2012

Cina dan Rusia Bangun Pabrik Mobil Patungan


ULYANOVSK -- Untuk pertama kalinya, perusahaan Cina dan Rusia bekerja sama membuat pabrik mobil. Pabrikan Rusia, AMS Group, dan produsen mobil Cina, Beijing Automotive Industry Corporation Group (BAIC Group), membentuk perusahaan joint venture bernama BAW-RUS Automotive Co.
Laman situs cartradeindia.com mengabarkan BAW-RUS berkantor di Ulyanovsk, Rusia, dan kini sudah memiliki 94 dealer penjualan. AMS dan BAIC mengucurkan investasi US$ 176 juta plus modal terdaftar senilai USD 20 juta untuk mendirikan perusahaan patungan ini. BAW-RUS rencananya memproduksi kendaraan komersial yang akan dijual dengan merek BAW di Rusia.
Saat ini penjualan mobil tahunan di Rusia mencapai 1,9 juta unit. Menurut analis, penjualan mobil di Rusia akan mencapai 3 juta unit dalam 4 tahun ke depan, melebihi pencapaian Jerman.
Sekalipun Rusia adalah negara yang terkena dampak krisis ekonomi global, industri otomotif Cina tak ragu melebarkan sayap di Negeri Beruang Merah itu. Produsen otomotif Cina akan membanjiri pasar Rusia dengan menawarkan kendaraan tur, penumpang, dan SUV.

CEO BAIC Group, Xu Heyi, mengatakan langkah ini dilakukan demi menggenjot ekspansi di luar negeri. Ia juga mengatakan selama ini ekspor otomotif Cina hanya mengincar penjualan. Kini mereka juga ingin mengeksplorasi pasar luar negeri untuk mengembangkan mereknya. "Kami akan membuat pabrik perakitan dan akan terus berkembang menjadi basis produksi, pusat penjualan, dan promosi." ujarnya.| GADI MAKITAN

sumber : koran tempo

No comments:

Post a Comment