Tuesday, January 3, 2012

PASAR TRADISIONAL Vs PASAR SWALAYAN

 Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin lebih memilih Pasar Swalayan ketimbang Pasar Tradisional. Selain faktor "gengsi" yang memang pasar swalayan terkesan mewah dan mahal secara otomatis meningkatkan kepercayaan diri konsumen, tentunya faktor "kenyamanan" juga menjadi faktor penting bagi sebagian besar masyarakat lebih memilih pasar swalayan. Kenyamanan belanja yang disajikan pasar swalayan ini bisa kita tinjau dari segi Kebersihan tempat, Sistem pembayaran yang lebih teratur, Service yang cukup memuaskan, dan juga Promo barang dan diskon harga yang secara tidak langsung menarik minat pelanggan. Kesuksesan ini merupakan wujud dari pengelolaan yang tepat dan serius dari pihak pengelola pasar swalayan.
Kita mencoba tengok sebentar kondisi pasar tradisional di Indonesia yang bisa dilihat langsung dari pasar disekeliling tempat tinggal kita. Pasar tradisional yang boleh dibilang merupakan pasar peninggalan nenek moyang kita dahulu dan saat ini telah diwariskan, tidak diimbangi dengan trend perkembangan zaman. Pasar tradisional yang dahulu sebagai sumber pemasukan negara, sebagai penyuplai pundi-pundi tabungan negara, kini tidaklah lagi jadi prioritas. Mengapa? menurut pendapat penulis adalah karena kalah bersaing dengan pasar dari luar negeri yang kini besar-besaran masuk ke Indonesia karena faktor globalisasi dimana diantara berbagai negara yang menganut sistem ini tiada lagi batasnya. Pasar dengan sistem modern dan lebih mengerti akan selera masayarakat Indonesia membuat pasar swalayan berkembang pesat, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Akan tetapi pasar tradisional memiliki keunggulan dari pasar swalayan yaitu segala macam kebutuhan konsumen bisa didapatkan, dan dengan harga yang relatif lebih murah karena mendapatkan mata dagangannya langsung dari petani.
Pemerintah Daerah selaku pengelola pasar tradisional mulai dari pengaturan pemungutan pajak dari pedagang hingga sewa kios, ini mempunyai andil besar dalam perkembangan pasar tradisional tersebut. Oleh karena itu harus ada upaya yang dilaksanakan secara nyata, disiplin dan kontinyu baik dari pemerintah maupun pengguna pasar (pedagang dan pembeli), antara lain :
1. Menjaga kebersihan tempat,
konsumen akan tertarik berkunjung bila kebersihan dapat dijaga.
2. Melaksanakan program revitalisasi pasar tradisional,
Langkah ini sebagai upaya membangkitkan perekonomian rakyat.
3. Memperhatikan kualitas barang dagangan yang terjamin bersih dan sehat,

No comments:

Post a Comment