Wednesday, January 4, 2012

Lima Cara Mengurangi Sakit Punggung


Menurut sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat, 8 dari 10 orang pasti mengalami sakit punggung. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan yang pernah melewati masa kehamilan. Berikut ini lima cara cepat mengurangi sakit punggung: 

1. Makan Brokoli
Kalsium adalah zat terpenting yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Namun menurut sebuah studi di Jepang, ada zat lain yang dibutuhkan tulang di samping kalsium, yaitu vitamin K. Vitamin ini terdapat pada sayuran hijau, salah satunya brokoli dan bayam.

2. Kurangi membawa beban berat
Jangan pernah membawa beban seperti tas dan benda apa pun yang beratnya lebih dari 10 persen dari berat Anda. Gunakan tali tas yang panjang apabila Anda harus membawa beban lebi berat, dan selempangkan melintasi dada dan bahu. Selain itu pindahkan dari kiri ke kanan dalam beberapa menit.

3. Posisi tidur yang benar
Kasur yang keras tidak begitu bagus untuk punggung Anda. Sebuah studi di Spanyol menyatakan orang yang tidur di kasur yang lebih lembut jarang yang menderita sakit punggung. Penggunaan bantal sebaiknya juga tidak terlalu tinggi. Karena tulang leher akan menekuk dan ini dapat menyebabkan sakit pada punggung.

4. Latih otot perut agar kuat
Memiliki otot perut inti yang kuat dapat melindungi punggung dari cedera. Tidak hanya perut, melatih otot panggul 2 sampai 3 kali seminggu juga dapat melindungi punggung dari cedera.

5. Latih postur tubuh dengan posisi yang benar
Duduk di kursi dengan posisi yang benar selama kurang lebih 8 menit. Pastikan punggung bersandar lurus pada kursi. Atau latih kekuatan punggung dengan menggunakan bola penstabil kurang lebih 20 menit.

No comments:

Post a Comment